Sabtu, 18 April 2020

Hidup untuk berbagi



Halooo.. Sobat Blogger
Pada tanggl 12 Okteober 2019, aku dan temen-temen seangkatan ada tugas kuliah untuk berbagi pada sesama. Kita semua bingung mau mengadakan kegiatan apa.
Ada yang punya solusi yaitu mengadakan "baksos" yang bisa dibilang mendadak.
Sebenarnya ini tugas kelompok, tapi seangkatan sengaja mengerjakan tugas bareng2 biar hemat.hehehe..
Mengingat kita masih anak kuliahan dengan uang saku yang minimalis dan apalagi yang kuliah sambil kerja (curhat ceritanya)
kebetulan ada temen ku yang panya kenalan pengurus Panti Jompo Omega, dan disitulah kita mau mengadakan kegiatan bakti sosial.
Nahh.. kita seangkatan sepakat untuk mengadakan kegiatan bakti sosial. kita kumpulkan uang tiap mahasiswa 15ribu /org. Dana yang sudah terkumpul kita belikan sembako, walaupun mungkin tidak banyak karena ini baksos yang dadakan.heheheee
Bakti sosial merupakan salah satu kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan antar sesama manusia dan adanya kegiatan ini dapat merapatkan hubungan kekerabatan. Oleh karena itu kita melakukan kunjungan sebagai wujud keperdulian kita kepada sesama terutama bagi mereka yang sudah berusia lanjut (lansia). Panti Werdha sebagai tempata tujuan kita untuk saling berbagi kasih dan saling mendoakan.
Panti Werdha Omega atau Panti Jompo merupakan sebuah rumah atau tempat penampungan untuk lanjut usia (lansia). Sebuah sarana dimana lansia diberikan fasilitas 24 jam, meliputi: Jadwal aktivitas, pengobatan, dan hiburan yang dibutuhkan sesuai kebutuhan lansia. Banyak lansia yang mengalami penurunan kesehatan, adapun gangguan psikologi, seperti: sukar tidur, tertekan, gugup, kesepian, mudah tersinggung, tidak sabar, cemas tegang dan depresi.
Awalnya kita melakukan kegiatan ini hanya sekedar memenuhi Tugas kuliah, tapi setelah kita datang dan disambut dengan hangat oleh oma dan opa di Panti Werdha Omega. Semua Mahasiswa pecah dengan tangis karena teringat orangtua di rumah. Disana kita bernyanyi bersama, saling tertawa, bahakan saling mendoakan.
Ups.. sampai lupa kalau kita dateng ke sini niat nya adalah Tugas. Dan kegiatan ini mengajarkan kita tentang toleransi beragama, tidak memandang status sosial dan latar belakang dari suku dan daerah.
Kegiatan ini mengingatkan saya bahwa kita hidup di Dunia hanya sementara. Dan tidak ada faedahnya mengumpulkan harta di Dunia karena semua akan lenyap. Banyak orang di luar sana yang membutuhkan uluran tangan kita, yaitu melalui doa, menghibur maupun dalam materi berupa bantuan kebutuhan pokok. Selain itu kita diajarkan untuk menghargai dan menghormati orangtua kita yang telah merawat dan membesarkan kita dengan sepenuh hati sampai saat ini.


Guys.. Inget yaa. Kita di bumi ini sementara, 
Jadi jangan ragu-ragu berbuat baik untuk semua orang.

" Jangan kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat  merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga"
Matius 6 : 19-20a

Tidak ada komentar:

Posting Komentar