Minggu, 19 April 2020

ASYIKNYA BIKIN OBAT SENDIRI

ASYIKNYA BIKIN PRODUK SENDIRI


Haiiii...sobat blogger
Aku mau berbagi sedikit pengalamanku mengenai keasyikan ketika berada di laboratorium Teknologi Farmasi.
Awal masuk laboratorium pasti mahasiswa dibuat tegang kerena harus menghadapi pretest sebelum mulai praktikum. Ini yang selalu ditakuti mahasiswa, kalau mau masuk laoratorium.hihihi...
Dan keseruan dimulai ketika pembuatan sediaan sirup, kita bekerja sama dalam proses pembuatan tersebut.

Teknologi Farmasi mengkaji ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang farmasi, mencakup berbagai aspek yang berhubungan dengan produk farmasi mulai dari pencarian/penemuan, pengolahan, dan pengembangan bahan baku hingga menjadi sediaan farmasi yang siap digunakan.

Praktikum Teknologi Farmasi kita diajarkan untuk membuat sediaan obat dalam skala kecil, serta membuat kemasan sediaan obat. Awalnya mungkin sulit membuat kemasan obat yang menarik dan mirip seperti yang dijual di apotek-apotek. Kalau kita menyerah bukan anak farmasi, belajar hal yang baru untuk desain kemasan. Ternyata semua yang sudah dilakukan akan terasa mudah, walaupun kadang roh malas selalu memihak kita.hehehe...

Berhubung aku juga bekerja di Industri Farmasi, jadi membuat aku lebih tertarik dengan praktikum Teknologi Farmasi. Aku bisa lebih memahami secara detail cara proses pembuatan sediaan Farmasi bahakan sampai uji karakteristik Sediaan Farmasi.

Sebelum aku tahu gimana proses uji Quality Control, sering kali gak sabar menuju hasil uji QC waktu di tempat kerja. Setelah aku mengerjakan uji Quality Control sendiri di Laboratorium Tekfar ternyata proses butuh waktu cukup lama dan apalagi kalau alatnya harus gantian.
ini hasil karyaku dan teman-temanku... Kita bisa kasih nama dagang bebas lhoooo..hihi
bisa pake nama mantan pacar, calon pacar, bahkan nama pacar temen.hahahahaa..

Praktikum di bidang farmasi itu sangat menyenangkan walaupun sering bikin deg-degan....
Inilah yang menjadi pertimbangan ku masuk jurusan farmasi, selain peluang kerja yang luas. Apalagi disaat pandemi virus corona ini, Jasa kita dibutuhkan gengs buat membantu sesama.

Yukk.. Sobat blogger jangan ragu untuk masuk jurusan farmasi.
Farmasi Hebatt!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar