Minggu, 17 Mei 2020

health food vs junk food


Kenapa harus diet?
Apakah diet hanya untuk orang berbadan gemuk?
Yukkk.. kita simak

Diet juga bisa diartikan sebagai pola makan bergizi seimbang untuk meraih banyak tujuan berbeda, tergantung dari masing-masing individu. Ada yang berdiet memang untuk menurunkan berat badan, menaikkan berat badan, menjaga kesehatan, memulihkan kesehatan setelah sakit, atau mengelola kondisi kesehatan tertentu.
Pola makan yag sehat dan seimbang membantu setiap organ tubuh bekerja lebih efisien. Jika nutrisi dalam tubuh tidak mencukupi dengan baik, metabolisme tubuh akan menurun sehingga kita jadi lebih gampang sakit dan mengalami perubahan berat badan secara drastis.

Pilihan makanan diet sehat, sebagai berikut:
HEALTH FOOD
1. Oatmeal
 
 
Oatmeal adalah salah satu makanan sehat yang paling sering dikonsumsi saat diet. Hal ini karena Oatmeal termasuk makanan yang mengandung serat tinggi dan punya indeks glikemik rendah.
Kandungan protein, magnesium, fosfor, dan vitamin B1 dalam oatmeal juga berfungsi untuk menghasilkan energi sehingga membuat kita tetap bersemangat untuk menjalani aktivitas.
Selain menurunkan berat badan, oatmeal juga dapat membantu mejaga kadar kolesterol serta gula darah agar tetap normal. itu sebabnya, untuk menu sarapan program diet, oatmeal bisa jadi pilihan yang tepat. 

2. Apel


Apel merupakan salah satu buah yang paling banyak disukai ketika sedang diet. Buah berwarna merah atau hijau ini memang memiliki kandungan zat gizi yang baik dan mampu membantu usaha kita dalam menurunkan angka timbangan berat badan. 
Sementara serat yang terkandung di dalam apel adalah serat yang larut dalam air yang ampuh membuat kita tahan lapar lebih lama. Artinya. Apel dapat dijadikan sebagai selingan untuk makanan diet sehat di sela-sela waktu makan, supaya mencegah kita mengonsumsi makanan dalam jumlah yang berlebihan. 

3. Putih telur

Tidak seperti kuning telur, putih telur tinggi protein namun rendah lemak, sehingga cocok dijadikan sebagai makanan untuk diet. Protein yang ditemukan dalam putih telur adalah protein kompleks yang berkualitas tinggi.  Protein kompleks sendiri mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Ditambah lagi, makanan diet
sehat ini tidak punya nilai indeks glikemik karena tidak memiliki kandungan karbohidrat, sehingga penderita diabetes bisa dengan aman mengonsumsi putih telur


4. Brokoli

Brokoli bisa diandalkan salah satu makanan diet sehat. hal ini karena brokoli rendah kalori namaun kaya vitamin, seart serta mineral. Sementara untuk kandungan serat, brokoli memiliki serat sebanyak 5 gram yang dapat membantu kita kenyang seharian. 

5. Ikan


Ikan dapat dikonsumsi sebagai makanan diet sehat. Kandungan lemak baik Omega-3 dalam ikan dapat membantu kita menurunkan berat badan. Biasanya lemak ini ada dalam ikan perairan laut dalam. sperti: salmo, tuna, makarel.
Agar manfaat ikan lebih optimal, sebaiknya hindari mengonsumsiikan dengan cara digoreng. Niat menurunkan berat badan, tambahan minyak justru akan menyumbang lebih banyak lemak di tubuh kita. 

6. Camilan rendah kalori



Tak perlu meninggalkan kebiasaan untuk negmil. Selama menjalani diet, sebenarnya tak dilarang untuk makan camilan. Akan tetapi, pastikan jika cemilan yang dikonsumsi memang rendah kalori dan tak mengandung gula tinggi. Perhatikan dengan cermat kandungan gula, lemak, serta kalori di dalam camilan tersebut.


JUNK FOOD

Junk food adalah istilah yang digunakam untuk menyebut makanan dengan kadar nutrisi rendah namun memiliki kandungan kalori, gula, atau garam yang tinggi sehingga tidak menyehatkan bagi tubuh.
Sebagian besar termasuk kategori junk food, tapi tidak semua fast food termasuk dalam kategori junk food. contohnya Salad buah atau sayur.
keripik kentang, burger, kentang goreng, kue, permen manis, soda adalah sebagian contoh dari makanan junk food yang digemari oleh sebagian masyarakat. Junk food digemari karena rasanya enak, mudah didapat, dan praktis dikonsumsi. 






YUKK.. 
MULAI DIET SEHAT BERAWAL DARI MAKAN SEHAT


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

health food vs junk food

Kenapa harus diet? Apakah diet hanya untuk orang berbadan gemuk? Yukkk.. kita simak Diet juga bisa diartikan sebagai pola makan...