Minggu, 19 April 2020

WORKSHOP PKM

WORKSHOP PKM
"GALI POTENSI, RAIH PRESTASI MELALUI PROGRAM KREATIFITAS"


Dengan narasumber Dr. Tommi Yuniawan S.Pd,M.Hum.
Kreativitas merupakan penjelmaan integratif dari tiga faktor utama dalam diri manusia, yaitu: pikiran,(kognitif), perasaan (afektif), dan keterampilan (psikomotorik). Dalam faktor pikiran terdapat imajinasi, persepsi dan nalar. Faktor perasaan terdiri dari emosi, estetika dan harmonisasi. sedangkan faktor keterampilan mengandung bakat, faal tubuh dan pengalaman. Dengan demikian, agar mahasiswa dapat mencapai level kreatif, ketiga faktor termaksud diupayakan agar optimal dalam sebuah kegiatan yang diberi nama Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

PKM secara umum bertujuan untuk memandu mahasiswa menjadi pribadi tahu dan taat aturan, kreatif, inovatif,dan objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual.
Karakteristik umum PKM yang diterapkan di Politeknik Katolik Mangunwujaya, yaitu 
PKM-P dan PKM-K. 
PKM-P meliputi penelitian yang mengungkap hubungan sebab-akibat, aksi-reaksi, eksplorasi, materi alternatif, desainproduk atraktif, blue print dan sejenisnya atau identifikasi senyawa kimia aktif.
PKM-K bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam menghasilkan komoditas unik serta merintis kewirausahaan yang berorientasi pada profit.

Pengalaman yang berkesan mengikuti workshop ini, terutama bisa bergabung di kelompok PKM. Kami memilih karakteristik PKM-K dengan produk "Eat n Fres" Eatable Environmentally Friendly Spoon merupakan produk dengan memanfaatkan bahan lokal tepung cassava/ singkong menjadi produk makana yang dapat dikonsumsi. Tepung casava sendiri memiliki banyak manfaat bagi tubuh diantaranya membantu proses regenerasi sel menjadilebih baik, melancarkan pencernaan, mencegah menopose dan mencegah penuaan dini.
Alasan kami membuat produk ini yaitu sampah plastik memberikan dampak yang sangat signifikan di kehidupan kita. Sebagian besar dari sendok yang dibuang tersebut tidak terdaurulang sehingga menimbulkan pencemaran sampah plastik karena tidak dapat diuraikan.


Produk "Eat n Fres" Eatable Environmentally Friendly Spoon ini membawa kami menuju kemenangan Juara 1 dalam Kompetisi Proposal PKM "Menuju Kemenristik Dikti Pendanaan 2020"
Memunculkan inovasi produk "Eat nFres" sebagai pengganti sendok plastik menjadi sendok organik yang dapat dimakan. Semoga Produk ini bisa menjadi awal untuk menuju Indonesia yang bebas sampah plastik.



yukkk.. Berinovasi untuk membangun Indonesia lebih maju




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

health food vs junk food

Kenapa harus diet? Apakah diet hanya untuk orang berbadan gemuk? Yukkk.. kita simak Diet juga bisa diartikan sebagai pola makan...